TERIDENTIFIKASI, 150 ANGGOTA MILITAN KKB PAPUA DIBURU APARAT

TERIDENTIFIKASI, 150 ANGGOTA MILITAN KKB PAPUA DIBURU APARAT

Foto: KKB, sumber foto: Suara.com

Sedikitnya ada 150 anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB)Papua yang kini telah teridentifikasi. Polri menegaskan akan memburu mereka yang telah dilabeli sebagai teroris tersebut.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengungkapkan, jumlah tersebut dihitung dari mereka yang tergolong sebagai anggota militan kelompok itu.

“Kurang lebih, anggota KKB itu 150 orang yang militan. Namun simpatisannya, kami belum bisa mengetahui jumlahnya seberapa,” kata Ramadhan di Gedung Humas Polri, Jakarta Selatan, Rabu (19/5/2021).
Ramadhan menjelaskan, pihak yang diklasifikasikan sebagai anggota KKB ialah mereka yang melakukan penyerangan menggunakan senjata api. Menurutnya, pemetaan itu sampai saat ini masih dirampungkan oleh aparat TNI-Polri untuk nantinya dilakukan pengejaran.

“Kami masih terus melakukan pengejaran terhadap para pelakunya,” ujar Ramadhan.

Terkait hal itu, dalam penindakan hukum, aparat akan secara tegas terhadap mereka yang tergabung dalam kelompok separatis bersenjata itu. Pasalnya, kata dia, KKB seringkali melakukan penyerangan bukan terhadap aparat TNI-Polri saja, tapi juga masyarakat sipil.


“Jadi ini penindakan atau penegakkan hukum terhadap kelompok kriminal bersenjata (KKB),” ucap Ramadhan.
Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD sebelumnya mengungkap bahwa pemerintah sudah mengidentifikasi sejumlah nama yang melakukan dugaan tindak pidana terorisme di wilayah Papua.

“Pengejaran terhadap segelintir orang sebagai pelaku teror itu dilakukan secara hati-hati dan fokus. Sehingga tidak menimbulkan korban dari warga sipil,” kata Mahfud dalam konferensi pers di kantornya.(Sindonews)

Print Friendly, PDF & Email

Share This:

jurnalintelijen

Subscribe

verba volant scripta manent