DALAM PEMBUKAAN PERSIDANGAN V DPR, KETUA DPR SERUKAN PANGLIMA TNI DAN KAPOLRI UNTUK MENGEJAR KKB

DALAM PEMBUKAAN PERSIDANGAN V DPR, KETUA DPR SERUKAN PANGLIMA TNI DAN KAPOLRI UNTUK MENGEJAR KKB

Foto: Tangkapan layar persidangan V DPR

DPR RI tetap melaksanakan rapat dengan protokol kesehatan dan pembatasan kehadiran di dalam rapat paripurna. Menurut catatan Kesekretariatan Jenderal yang hadir sebanyak 65 anggota DPR RI dan hadir secara virtual sebanyak 246 anggota DPR RI. Sehingga telah terpenuhi forum, ujar Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar membuka persidangan V Tahun Sidang 2020-2021

Atas nama pimpinan DPR RI dan seluruh anggota menyampaikan duka yang mendalam atas musibah tenggelamnya KRI Nanggala 402. Menyampaikan belasungkawa dan duka yang mendalam atas gugurnya Kepala BIN daerah Papua, Mayor Jenderal Anumerta TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha dan prajurit TNI/Polri lain yang terlibat kontak tembak KKB dalam tugas menjaga persatuan dan kedaulatan bangsa NKRI, kata Muhaimin.

Sesuai dengan rapat konsultasi pengganti rapat Bamus DPR RI antara pimpinan DPR RI dengan pimpinan fraksi-fraksi Tanggal 8 April 2021, acara rapat paripurna ini adalah pidato pembukaan masa persidangan V Tahun Sidang 2020-2021. Pimpinan DPR telah menerima surat dari Badan pemeriksa Keuangan (BPK) RI No. 51S1032021 Tanggal 31 Maret 2021, hal pelaporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan Lembaga Penjamin Simpanan Tahun 2020. Surat tersebut akan ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan perundang-undangan DPR RI No. 1 Tahun 2020 tentang Tata Tertib DPR RI dan dengan mekanisme yang berlaku. Dan Pimpinan Dewan telah menerima Surat Keputusan Presiden RI No. 71/P Tahun 2021 tertanggal 27 April 2021 tentang peresmian penggantian antar waktu anggota DPR RI dan anggota MPR RI sisa masa jabatan 2019-2024 yaitu Itet Tridjajati Sumarjianto, MBA (Fraksi PDIP Perjuangan) dan Dr. Ali Mufthi, S.Ag, Msi (Fraksi Partai Golkar). Sesuai dengan ketentuan Pasal 18 Ayat 5 Peraturan DPR RI No. 1 2020 tentang Tatib yang berbunyi sebelum memangku jabatannya anggota pengggantian antar waktu sebagaimana dimaksud pada ayat 4 mengucapkan sumpah janji dipandu oleh pimpinan DPR dengan tata cara dan teks sumpah janji sebagaimana diatur dalam pasal 10 dan 11, ucap Muhaimin Iskandar.

Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan bahwa anggota DPR telah menjalankan masa reses berkegiatan bersama dengan konstituen di daerah pemilihannya masing-masing serta menjaring aspirasi dari masyarakat untuk menindaklanjuti melalui fungsi DPR dalam masa persidangan.

Panglima TNI dan Kapolri dan beserta jajarannya agar segera mengejar, menangkap dan memproses secara hukum anggota KKB di Papua dan melindungi seluruh masyarakat. Tidak ada ruang bagi KKB di seluruh wilayah NKRI, ujar Puan Maharani.

Pelaksanaan fungsi legislasi pada masa persidangan ini, DPR akan memprioritaskan pembahasan RUU yang menjadi prioritas tahun 2021 ini bersama dengan pemerintah, semua AKD DPR yang terkait agar dapat mengoptimalkan waktu pembahasan RUU dan tetap memperhatikan kualitas substansi dalam memenuhi kebutuhan hukum nasional, selaras dengan UUD Negara RI 1945, memenuhi peraturan perundang-undangan, serta membuka ruang partisipasi masyarakat seluas-luasnya untuk memberi masukan dan pandangannya. Dalam upaya mencapai pembentukan undang-undang sesuai prioritas Prolegnas 2021 maka AKD DPR terkait agar segera menjalankan tahap-tahap dalam pembentukan UU, capaian DPR dan pemerintah dalam menuntaskan RUU prioritas 2021 merupakan ukuran kinerja telah ditetapkan bersama, terangnya.

Pelaksanaan fungsi anggaran, DPR melalui alat kelengkapan dewan terkait akan terus mencermati kapasitas fiskal dan realisasi anggaran 2021 khususnya dalam pemulihan sosial dan ekonomi masyarakat di tengah situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, ucap Ketua DPR.

Insiden KRI Nanggala 402 dapat menjadi introspeksi untuk dapat mempersiapkan sistem pertahanan Negara yang handal termasuk menjamin keamanan dan keselamatan prajurit menjalankan tugas. Langkah pemerintah dalam menjaga kedulatan NKRI yang akan menindak tegas KKB di Kawasan Papua sesuai ketentuan UU yang berlaku, terang Puan.

Menurut Puan, DPR juga akan mengagendakan rangkaian kegiatan diplomasi parlemen, delegasi DPR akan menghadiri sejumlah pertemuan forum kerjasama antar parlemen, rbaik bilateral, regional, maupun internasional. Delegasi DPR akan menghadiri secara virtual pertemuan The APA Standing Committee on Economy and Sustainaible Development tanggal 20-21 Mei 2021, The AIPA Advisory Consul of Dangerous Drug tanggal 24-25 Mei 2021, dan pertemuan ke-142 APU Assembly yang diadakan di Jenewa pada tanggal 24-27 mei 2021. Hal ini dalam upaya meningkatkan kerjasama bilateral dengan negara-negara sahabat juga akan dijalankan sepanjang masa persidangan ini.

Selanjutnya dillakukan pengambilan sumpah Itet Tridjajati Sumarjianto, MBA (Fraksi PDIP Perjuangan) dan Dr. Ali Mufthi, S.Ag, Msi (Fraksi Partai Golkar).

Print Friendly, PDF & Email

Share This:

jurnalintelijen

Subscribe

verba volant scripta manent