Perang Diplomatik Dimulai

Perang Diplomatik Dimulai
Foto : Vladimir Putin, sumber: wikipedia

Rusia mengatakan pihaknya berhak untuk menanggapi pengusiran para diplomat Rusia oleh Belgia, Hongaria, Georgia, dan Montenegro baru-baru ini.

Di Kremlin, Presiden Vladimir Putin memimpin pertemuan Dewan Keamanan negara tersebut yang membahas langkah-langkah pembalasan terbaru terhadap Inggris dan sekutu-sekutunya.

Kremlin bersikeras bahwa bukan Rusia yang memulai perang diplomatik dengan Barat.

“Rusia tidak memulai perang diplomatik,” kata juru bicara Putin, Dmitry Peskov. “Rusia tidak pernah memulai pertukaran sanksi.”

Seperti dilansir AFP, pada hari Kamis,(29-03-18) Moskow telah mengumumkan bahwa mereka akan mengusir 60 diplomat AS dan menutup konsulat AS di Saint Petersburg setelah pengusiran diplomatnya sendiri dan penutupan salah satu konsulat.

Secara keseluruhan, lebih dari 150 diplomat Rusia telah diperintahkan keluar dari AS, anggota Uni Eropa, negara-negara NATO dan negara-negara lain yang menuduh Rusia terlibat dalam keracunan Skripal.

Di jalan-jalan di Saint Petersburg, pejalan kaki mengatakan mereka menyambut keputusan untuk menutup konsulat jenderal AS di kota.

Penulis: Erlangga Pratama

Print Friendly, PDF & Email

Share This:

jurnalintelijen

Subscribe

verba volant scripta manent