Kekurangan Guru di 401 Sekolah Dasar di Padang Pariaman

Kekurangan Guru di 401 Sekolah Dasar di Padang Pariaman
genarasi muda Indonesia

Kabupaten Padang Pariaman masih kekurangan guru kelas untuk tingkat SD sebanyak 987 orang, guru olahraga 266 orang, dan guru agama sebanyak 155 orang. Sementara untuk penjaga sekolah PNS tingkat SD juga dibutuhkan sebanyak 327 orang, operator SD dan SMP sebanyak 480 orang.

Menurut hasil pemantauan redaksi, kekurangan para guru hampir terjadi pada sekitar 401 SD pada daerah di Kabupaten Padang Pariaman, dan untuk menutupi kekurangan tersebut dilakukan rekrutmen guru-guru honor, para guru honor akan dibiayai oleh dana BOS yang ada di sekolah masing-masing.

“Kami mengharapkan pemerintah pusat dapat melakukan prioritas dalam penerimaan PNS pada guru sekolah dasar, jika guru onor telah berkurang di sekolah, maka anggaran BOS akan lebih fokus pada program peningkatan mutu pendidikan. Kekurangan Guru SD tidak pernah menggangu proses belajar dan mengajar, termasuk kekurangan guru PNS juga terjadi di SMP, mencapai 300 orang lebih,” ujar salah seorang pendidik yang tidak mau disebutkan namanya. Menurut guru berwajah cantik tersebut, masalah kurangnya guru mengajar SD dan SMP di Kabupaten Padang Pariaman secara tidak langsung telah berdampak pada proses pendidikan di Kabupaten Padang Pariaman yang kurang optimal. Kurangnya jumlah guru ini jelas merupakan persoalan serius
karena guru adalah ujung tombak pendidikan dan membuat beban guru semakin bertumpuk sehingga sangat berpotensi mengakibatkan menurunnya kualitas pendidikan.

*)  Airla, Political and Security Observer and Director of Strategic Assessment

Print Friendly, PDF & Email

Share This:

jurnalintelijen

Subscribe

verba volant scripta manent